Berita Wakil Rektor 3

UIN Palu mulai tingkatkan pembinaan prestasi mahasiswa

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mulai mengasah/membina kemampuan dan keterampilan mahasiswa untuk peningkatan prestasi mahasiswa di kegiatan-kegiatan nasional dan daerah.

“Ke depan pembinaan terhadap kemampuan dan keterampilan mahasiswa harus ditingkatkan,” kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan UIN Datokarama Palu Dr Moh Idhan, di Palu, Rabu, saat menyampaikan laporan pada kegiatan penyerahan medali bagi mahasiswa berprestasi kegiatan bertajuk “POROS INTIM”.

Pekan, olahraga, riset dan turnamen seni wilayah Indonesia Timur (Poros Intim) merupakan salah satu milik Kementerian Agama RI yang melibatka Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) di wilayah timur Indonesia.

Moh Idhan mengemukakan UIN Palu berhasil meraih empat medali pada kegiatan Poros Intim tersebut. Mereka yang berhasil meraih prestasi pada Poros Intim adalah Fitrah Ramadhani yang berhasil meraih juara dua pada cabang lomba musabaqah hifzil quran lima juz.

Kemudian, Fajrianti berhasil meraih juara III
pada cabang lomba musabaqah hifzil quran 10 juz, dan Iin Dzulfaizah berhasil meraih juara III cabang lomba musabaqah tilawatil quran. Berikutnya Nizar Tarmizi, Muhammad Afandi dan Rifdah Salma berhasil meraih juara III pada cabang lomba syarhil quran beregu.

Kata Idhan, pembinaan terhadap mahasiswa harus dilakukan secara berkelanjutan. Apalagi tahun depan, Kementerian Agama akan melaksanakan kegiatan nasional yakni pekan seni dan olahraga (Pesona) yang diikuti oleh 58 PTKIN se-Indonesia.

“Maka awal tahun 2022, pembinaan dan seleksi terhadap mahasiswa sudah harus dilakukan,” ujarnya.

Selain Pesona, Kemenag juga memiliki kegiatan nasional yakni olimpieade agama sains dan riset (Oase), UIN Palu sebagai salah satu PTKIN juga harus ikut dalam kegiatan tersebut.

Idhan mengapresiasi dan berterima kasih kepada mahasiswa/mahasiswi yang telah berpretasi di Poros Intim, karena telah membangun citra kampus yang baik mata masyarakat dan PTKIN lainnya.

“Ini sekaligus menunjukkan bahwa talenta dan keterampilan yang dimiliki oleh mahasiswa/mahasiswi UIN Palu patut dibanggakan,” sebutnya.

Berkaitan dengan itu, Wakil Rektor Bidang Akademik UIN Palu Prof Abidin Djafar mengemukakan UIN Palu terus memberikan dukungan terhadap mahasiswa, termasuk dalam hal pembinaan kapasitas dan keterampilan.

“Harus tetap semangat, jangan kendor. Lembaga ini tetap memprioritaskan pembinaan kualitas dan keterampilan mahasiswa, menuju daya saing kampus,” kata Prof Abidin.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu