Berita

UIN Palu-Kanwil Kemenkumham kerjasama tingkatkan kesadaran hukum

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, membangun kerjasama dengan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum-HAM) Sulteng optimalkan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap hukum.

“Lewat kerjasama ini UIN Datokarama Palu membantu pemerintah khususnya Kementerian Hukum dan HAM dalam pembangunan kesadaran hukum,” ucap Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Datokarama Palu Dr Mohamad Idhan MAg, di Palu, Kamis.

Kerjasama pembangunan kesadaran hukum ditandatangani oleh Rektor UIN Datorama Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd dan Kanwil Kemenkum-HAm Sulteng Lilik Sujandi.

Mohamad Idhan menerangkan lewat kerjasama itu komponen civitas akademik UIN Datokarama Palu, dapat melaksanakan kegiatan yang berorientasi pada pembangunan kesadaran hukum.

“Setiap dosen dan fakultas dapat melakukan kegiatan bersama Kemenkum-HAM, misalnya Fakultas Syariah,” ujarnya.

Idhan menerangkan ruang lingkup kerjasama yang tertuang dalam nota kesepahamn itu meliputi penyuluhan hukum kepada masyarakat, dan pemberian bantuan hukum kepada masyarakat.

“Iya, jadi tidak sekedar melaksanakan kegiatan, tetapi juga bisa memberikan advokasi kepada masyarakat dalam bentuk layanan hukum,” ungkapnya.

Selain itu, sebut dia, ruang lingkup kerjasama dalam nota kesepahaman itu juga mencakup tentang pengkajian dan penelitian hukum dan hak asasi manusia. Bahkan mencakup tentang pengawasan orang asing bagi mahasiswa luar negeri yang belajar dan mengajar di UIN Datokarama Palu.

Kerjasama itu, kata dia, juga mencakup tentang peningkatan pemahaman perseorangan dan agen layanan di bidang administrasi hukum umum dan peningkatan kompetensi dan pengembangan sumber daya manusia yang berada pada lingkungan pertukaran data dan informasi serta pemberdayaan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh para pihak.

Sumber : Humas UIN Datokarama