Berita

UIN Datokarama wisuda 500 mahasiswa secara drive thru di Sigi

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah mewisuda 500 lebih mahasiswa strata satu, dua dan tiga secara drive thru berlangsung di kampus dua perguruan tinggi Islam negeri tersebut, di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi, Kamis.

“selaku Rektor, saya secara resmi mengukuhkanpara wisudawan dan wisudawati sebagai lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) datokarama palu, periode semester ganjil tahun 2021. atas nama pimpinan dan segenap civitas akademika UIN Palu, saya menyampaikan penghargaan dan mengucapkan selamat atas keberhasilan wisudawan dan wisudawati dalam menyelesaikan studi di kampus yang kita banggakan ini. ucapan selamat juga saya sampaikan kepada bapak dan ibu para orang tua dan keluarga wisudawan-wisudawati,” ucap Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr Sagaf S Pettalongi MPd, saat menyampaikan pesan almamater, di Sigi, Kamis.

Prof Sagaf mengemukakan pandemi COVID-19, yang hingga hari ini belum juga berakhir, memaksakan UIN Palu untuk kesekian kalinya menyelenggarakan wisuda dengan metode drive thru, sebagai bentuk komitmen menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah.

Juga, kata dia, sekaligus sebagai wujud konsistensi civitas akademik UIN Palu pada agenda akademis yang tak boleh surut hanya karena pandemi ini.

“Pesan penting yang terkandung di sini, khususnya bagi para wisudawan-wisudawati, bahwa dalam hidup jangan pernah menyerah, apalagi menyalahkan keadaan, mengkambing-hitamkan situasi untuk melegitimasi kegagalan, sebaliknya temukanlah solusi untuk mengatasi segala hambatan yang menghalangi kesuksesanmu,” kata Prof Sagaf.

Prof mengatakan Wisuda merupakan sebuah perhelatan yang amat berarti, momen yang sangat berharga dan akan selalu dikenang sepanjang perjalanan karir para wisudawan dan wisudawati di masa-masa mendatang. Lebih khusus lagi bagi ananda para lulusan strata satu (S1).

“Peristiwa ini adalah hal yang sangat istimewa, karena untuk pertama kalinya anda dikukuhkan menyandang gelar akademik formal yang tertulis secara sah dibelakang nama anda. Pencapaian gelar kesarjanaan menandakan peralihan suatu fase dalam kehidupan saudara, dan akan menuju ke fase berikutnya dengan segala peluang dan tantangannya,” sebutnya.

“Acara wisuda hari ini adalah momen yang sangat spesial karena merupakan wisuda untuk terakhir kalinya bagi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, sekaligus merupakan wisuda pertama bagi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu. Dengan demikian, para wisudawan dan wisudawati hari ini, sebagian akan tercatat dalam sejarah sebagai alumni pertama UIN Datokarama Palu, dan sebagian yang lain akan dikenang sebagai alumni terakhir IAIN Palu,” ujarnya.

Wisuda tersebut juga dirangkaikan dengan pengukuhan Prof Dr Abidin Djafar MAg sebagai Guru Besar bidang hukum.