Berita Rektor

UIN Datokarama dukung BPIP tingkatkan kecintaan warga terhadap NKRI

Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, mendukung upaya Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) meningkatkan kecintaan warga termasuk generasi muda terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), di momentum HUT 76 Kemerdekaan RI dan menyambut hari santri nasional.

“Dalam Islam, cinta terhadap tanah air adalah bagian dari iman,” ucap Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Minggu.

Salah satu upaya BPIP dalam menumbuhkan kecintaan masyarakat dan generasi muda terhadap NKRI adalah, dengan melaksanakan lomba penulisan artikel tingkat nasional dalam rangka menyambut HUT 76 Kemerdekaan RI sekaligus menyambut hari santri nasional 2021.

Prof Sagaf menilai lomba tersebut sangat baik, karena dapat mengasah wawasan dan menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap terhadap NKRI.

“Hal ini penting dilakukan agar kencintaan generasi muda terhadap NKRI bisa semakin kuat dan mengkristal dalam sanubari mereka,” kata Prof Sagaf.

Kata Prof Sagaf, simbol-simbol kenegaraan yang telah dicetus oleh para pendahulu, perlu untuk dipahami secara seksama oleh para generasi muda belakangan ini.

“Seperti bendera merah putih, lagu kebangsaan Indonesia Raya adalah simbol-simbol negara yang patut dipahami dan dijunjung tinggi oleh semua warga negara terutama para generasi muda,” ungkap Prof Sagaf.

Prof Sagaf mengatakan semua pihak perlu terus mengoptinalkan edukasi kepada generasi muda termasuk kepada santri tentang keislaman dan kebangsaan.

“Ini harus dibangun secara beriringan sebagai mana semangat juang dan resolusi jihad santri telah melahirkan semangat kebangsaan yang luar biasa untuk bangkit melawan penjajah di Jawa Timur Surabaya,” sebutnya.

Prof Sagaf yang juga Wakil Ketua Umum MUI Provinsi Sulawesi Tengah mengharapkan agar lewat kompetisi penulisan artikel nasional dalam rangka menyambut HUT 76 Kemerdekaan RI dan menyambut hari santri nasional tersebut dapat semakin mengasah kebiasaan para santri dan mahasantri dalam menuangkan gagasannya lewat tulis menulis.

Lomba penulisan artikel tingkat nasional yang diselenggarakan oleh BPIP mengangkat dua tema yakni hormat bendera menurut hukum Islam dan menyanyikan lagu kebangsaan menurut hukum Islam.

Pengiriman artikel kepada pihak panitia mulai dibuka sejak tanggal 10 Agustus sampai dengan 5 Oktober 2021. 20 Oktober 2021 pengumuman pemenang lomba.

Sumber : Humas UIN Datorama Palu