Berita Wakil Rektor 1

siAkad Cloud Dukung IAIN Palu Menuju World Class University

SEVIMA.COM – Menjadi universitas kelas dunia atau world class university merupakan cita-cita dan harapan seluruh perguruan tinggi di dunia, tak terkecuali perguruan tinggi di Indonesia seperti halnya Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah.

Banyak upaya yang dilakukan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu untuk menuju world class university. Seperti yang diungkapkan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu, Dr. Abidin Djafar, IAIN Palu berkomitmen melakukan pengembangan-pengembangan dari segala lini untuk menuju world class university. Termasuk pengembangan Kampus 2 IAIN Palu yang berlokasi di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.

“IAIN Palu berkomitmen untuk melakukan pengembangan-pengembangan dari segala lini untuk Menuju world class university. Termasuk pengembangan Kampus 2 IAIN Palu yang berlokasi di Desa Pombewe, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah.” Ungkap Abidin dalam Wawancara Virtual dengan Tim SEVIMA (Jumat, 16 April 2021).

“Pegembangan ini untuk mendukung ketersediaan sarana prasarana agar kegiatan akademik berjalan maksimal. Saat ini, pengembangan Kampus 2 IAIN Palu luas lahannya mencapai 21 hektar, bahkan Bupati Kabupaten Sigi memberikan kembali lahan seluas 40 hektar, namun ini masih dalam bentuk pernyataan,” tambah dia.

Selain pengembangan kampus, IAIN Palu juga sudah siap bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN), dan kemungkinan tahun ini IAIN Palu akan disahkan oleh Presiden Republik Indonesia menjadi UIN Palu.

“Insyaallah tahun 2021 ini, IAIN Palu mendapat restu dari Presiden Republik Indonesia menjadi UIN Palu. Karena semua persyaratan transformasi dari IAIN menjadi UIN, IAIN Palu sudah melengkapinya dan memberikan kepada lembaga-lembaga tertentu yang menilai layak tidaknya IAIN Palu menjadi UIN, ” terang Abidin.

Salah satu upaya untuk memperkuat IAIN Palu bertransformasi menjadi UIN dan menuju world class university adalah bekerjasama dengan SEVIMA, untuk mewujudkan perguruan tinggi berbasis teknologi informasi. 

“Dalam memperkuat IAIN Palu bertransformasi menjadi UIN dan menuju world class university, untuk itu IAIN Palu bekerjasama dengan SEVIMA agar mewujudkan perguruan tinggi yang berbasis teknologi informasi,” ungkap Wakil Rektor I.

Menurut Abidin, banyak perguruan tinggi yang merekomendasikan SEVIMA, bahkan pejabat dan pimpinan kampus merekomendasikan SEVIMA. 

“Banyak perguruan tinggi yang merekomendasikan SEVIMA, bahkan pejabat dan pimpinan kampus juga merekomendasikan SEVIMA. Semoga dengan adanya kerjasama antara SEVIMA dan IAIN Palu ini, lebih memperkuat lagi IAIN Palu Untuk menuju world class university,” tutup dia.

Ilham Dary selaku perwakilan dari SEVIMA juga menyambut baik kerjasama dengan IAIN Palu ini, dan menyampaikan bahwa SEVIMA siap mendukung IAIN Palu menjadi lebih baik lagi.

Sumber : https://sevima.com/siakad-cloud-dukung-iain-palu-menuju-world-class-university/