Berita Rektor

Rektor IAIN: Beasiswa BI bantu masyarakat mengenyam pendidikan tinggi

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof H Sagaf Pettalongi MPd mengemukakan beasiswa Bank Indonesia (BI) merupakan wujud nyata BI dalam membantu masyarakat khususnya generasi muda untuk mengenyam pendidikan tinggi.

“Beasiswa ini menjadi kontribusi besar BI dalam membantu pemerintah membangun sumber daya manusia yang unggul di masa kini dan akan datang, serta untuk pembangunan peradaban manusia yang lebih baik,” ucap Prof Sagaf Pettalongi, di Palu, Jumat.

Pemberian beasiswa kepada mahasiswa kurang mampu dan berprestasi di berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air, termasuk di wilayah Sulteng. Merupakan satu program Bank Indonesia, untuk menopang pembangunan sumber daya manusia yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Dengan adanya beasiswa BI, kata Rektor, masyarakat dan generasi muda terbantu dari sisi finansial, sehingga para generasi muda yang terdaftar sebagai penerima dapat lebih konsentrasi dan fokus untuk menimbah ilmu pengetahuan dan mengasah keterampilan di tingkat perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Karena itu kami berharap mahasiswa yang menerima beasiswa BI dapat meningkatkan prestasi secara akademik,” imbuh Rektor Sagaf Pettalongi.

IAIN Palu menjadi satu perguruan tinggi keagamaan Islam negeri yang menerima bantuan beasiswa dari Bank Indonesia Perwakilan Sulawesi Tengah kurang lebih senilai Rp600 juta untuk tahun 2021.

Terdapat 50 mahasiswa IAIN Palu yang akan menerima beasiswa tersebut. Masing-masing mahasiswa kurang mampu dan berprestasi yang terdaftar sebagai penerima manfaat akan menerima bantuan beasiswa senilai Rp12 juta/mahasiswa/tahun.

Besarnya bantuan yang diterima mahasiswa, sebut Rektor, harus diikutkan dengan besarnya peningkatan prestasi secara akademik di internal dan eksternal kampus.

Bahkan, sebut Rektor, mahasiswa penerima bidikmisi harus memiliki keunggulan selain akademik, juga unggulan dari sisi keterampilan, etika dan moral.

“Mereka harus menjadi panutan bagi mahasiswa lainnya di lingkup kampus, dari sisi prestasi akademik, etika dan moral, serta keterampilan,” ujar Rektor.

Bantuan beasiswa dari Bank Indonesia tahun 2021, merupakan bantuan beasiswa yang ke lima kali atau bantuan beasiswa tahun ke lima, sejak dimulai pada tahun 2017.

Pada tahun 2017, bantuan beasiswa Bank Indonesia berjumlah Rp400 juta, diberikan kepada 40 mahasiswa. Setiap mahasiswa mendapat Rp10 juta selama dua semester.

Tahun 2018 bantuan BI ke IAIN Palu khususnya beasiswa pendidikan senilai Rp400 juta, juga diberikan kepada 40 mahasiswa, masing-masing mahasiswa mendapat Rp10 juta per dua semester.

Tahun 2019 bantuan BI ke IAIN Palu Rp600 juta, diberikan kepada 50 mahasiswa, masing-masing mahasiswa mendapat bantuan Rp12 juta per dua semester.

Tahun 2020 dan 2021 masing-masing Rp600 juta, diberikan kepada 50 mahasiswa, masing-masing menerima Rp12 juta per dua semester, atau menerima Rp6 juta/mahasiswa/semester.

Sumber : Humas IAIN Palu