Berita Rektor

Penyederhanaan Birokrasi, 18 Pejabat Administrasi IAIN Palu Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

iainpalu.ac.id – Kementerian Agama RI melakukan penyederhanaan Birokrasi  dengan menjadikan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional Tertentu (JFT).  Sebanyak 78 pegawai dan dosen pada hari Jum’at (18/12) Pukul 09.00 Wita menghadiri dan mengikuti prosesi pelantikan pejabat fungsional yang dilaksanakan secara Daring dan Luring.

Hampir Seluruh Pejabat yang dilantik mengikutinya di luar jaringan (luring) dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. Disamping itu IAIN Palu juga melakukannya secara daring menggunakan aplikasi zoom,  dan 1 diantara 18 pejabat yang dilantik mengikutinya secara daring dikarenakan yang bersangkutan sedang berada di luar kota.

Kegiatan pelantikan di IAIN Palu  dilaksanakan dengan penuh hidmat dipimpin langsung oleh Rektor IAIN Palu, dan dihadiri oleh para Wakil Rektor,  Kepala Biro AUAK dan Kabag umum dan pejabat Fakultas.

“Penyederhanaan birokrasi di lingkungan Kementerian Agama Khususnya di IAIN Palu memasuki babak baru, Hari ini kami lantik 18  pejabat fungsional yang sebelumnya menjabat sebagai eselon III dan IV di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu.” Ungkap Rektor IAIN Palu.

Usai pelantikan ini, para pejabat Tenaga Kependidikan  dalam JFT tersebut akan duduk di tempat semula seperti biasa sebelum sambal menunggu regulasi baru dari pemerintah. Bagi pejabat fungsional Ahli Madya dan pejabat fungsional Ahli Muda secara otomatis akan diberikan tugas dan fungsi koordinasi dan pengelolaan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya, Tugas-tugas tersebut akan diatur kemudian dalam Keputusan Menteri Agama.

Salah satu Pegawai IAIN Palu yang dilantik, Rafiuddin, SE, mengungkapkan “Sebagai Apatur Sipil Negara (ASN), tentu saja kita harus selalu patuh pada kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Terkait penyederhanaan birokrasi ini tentu sudah dilakukan dengan pertimbangan yang matang oleh pemerintah.

Rafi juga menyambut baik dan senantiasa beriktiar untuk selalu melaksanakan segala kebijakan terkait perubahan jabatan  ke fungsional yang lebih berkesesuain dengan tugas yang dijalani saat ini yaitu Analis Kepegawaian, seperti  yang diamanahkan dalam pasal 4 Permenpan 28 tahun 2019 itu sudah dilakukan, dan di dalam SK Fungsional saya tetap dipertimbangkan untuk kenaikan pangkat dalam waktu dekat ke depannya, Saya bersyukur saja. Justru ini menjadi sejarah yang luar biasa di dalam hidup saya,  Ini sesuatu yang sangat membanggakan.” Pungkas Rafi.