Berita

Masyarakat Tojo bantu mahasiswa IAIN sukseskan KKN

Palu (Humas IAIN-Palu) – Dosen pembimbing mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) Angkatan VII Gelombang I Tahun 2020 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Dr Muhtadin Dg Mustafa mengemukakan masyarakat di Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Unauna, turut serta membantu/berkontribusi besar untuk menyukseskan KKN di wilayah tersebut.

“Iya, masyarakat dari berbagai desa di Kecamatan Tojo mendukung penuh pelaksanaan KKN di Tojo,” ucap Dr Muhtadin di Palu, Sabtu.

Muhtadin Mustafa telah melakukan peninjauan langsung mahasiswa KKN IAIN Palu di wilayah Tojo, sekaligus melihat langsung keberadaan mahasiswa di masyarakat.

Ia menguraikan terdapat enam desa tempat penempatan peserta KKN IAIN Palu di Kecamatan Tojo, yang dikunjunginya pada awal pekan ini meliputi, Desa Lemoro, Desa Tayawa, Desa Bahari, Desa Uekuli, Desa Betaua dan Desa Banano.

“Saya menemukan banyak hal yang sangat membantu pelaksanaan program mahasiswa KKN,” ujar dia.

Enam posko KKN di enam desa yang dikunjungi, sebut dia ada respon positif dan dukungan pemerintah desa serta masyarakat atas program-program mahasiswa KKN.

Bahkan, masyarakat terlibat dalam program mahasiswa KKN baik secara personal maupun kelembagaan pada setiap pelaksanaan kegiatan mahasiswa.

“Di beberapa posko KKN dari enam desa itu, bahkan ada sebagian dukungan masyarakat dan pemerintah desa dalam bentuk pendanaan atau partisipasi pembiayaan program KKN yang memerlukan biaya,” jelas dia.

Selanjutnya, masyarakat di enam desa bersama pemerintah desanya membantu mahasiswa KKN IAIN Palu dengan memberikan fasilitas berupa kendaraan roda dua dan bahan-bahan bangunan kepada mahasiswa KKN.

“Mahasiswa KKN dibantu motor untuk transportasi lokal, dan kayu, papan untuk pembuatan nama masjid dan nama-nama jalan desa,” sebutnya.

Dia menambahkan, di semua posko KKN yang dikunjunginya tidak ada keluhan keterbatasan logistik, sebaliknya ada posko yang mendapatkan kelebihan logistik berupa hasil kebun dan ikan pemberian warga setempat.

“Selaku dosen pembimbing saya berterima kasih kepada pemerintah desa dan semua masyarakat di enam desa wilayah bimbingan saya atas dukungan dan bantuannya kepada mahasiswa KKN. Semoga Allah membalas semua kebaikan tersebut ganjaran pahala dan berkah yang setimpal,” terang Dr Muhtadin.

Dr Muhtadin Dg Mustafa meninjau peserta KKN IAIN Palu di enam posko yang terdapat di enam desa di Kecamatan Tojo, Kabupaten Tojo Una-una, pada awal pekan ini.