Berita

Mahasiswi UIN Palu raih juara satu kaligrafi pada MTQ Kota Palu

Mahasiswi Univeristas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Restia Surya Niensy berhasil meraih juara satu lomba kaligrafi kontemporer pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-26 tingkat Kota Palu.

“Saya mewakili Kecamatan Palu Selatan pada MTQ tingkat Kota Palu tersebut,” kata Restia Surya Niensy, di Palu, Jumat 12 November 2021.

MTQ tingkat Kota Palu diikuti oleh kafilah dari delapan kecamatan se-kota tersebut, diselenggarakan sejak tanggal 6 – 11 November 2021, dan tuan rumah penyelenggara yakni Kecamatan Palu Selatan.

Restia Surya Niensy yang merupakan mahasiswi Prodi Hukum Keluarga Fakultas Syariah tergabung dalam kafilah Kecamatan Palu Selatan. Ia bertanding pada cabang lomba kaligrafi.

Di cabang lomba tersebut, Restia bersaing dengan empat lawan yang berasal dari empat kafilah kecamatan. Ia menampilkan karya yang mengkombinasikan tentang nuansa alam, dengan keindahan lukisan yang memuat tentang Firman Allah Surah Albaqarah Ayat 261.

Ayat tersebut bercerita tentang orang-orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji.

Atas karya itu, Restia dinilai oleh dewan juri yang berjumlah empat orang, berhak untuk meraih juara satu pada lomba tersebut.

“Piala dan hadiah darilomba tersebut, telah diserahkan oleh panitia pada penutupan MTQ Tingkat Kota Palu berlangsung Kamis malam 11/11,” sebut Restia yang merupakan perempuan asal Ogoamas, Kabupaten Donggala.

Restia telah memiliki banyak prestasi di cabang lomba kaligrafi. Sebelum meraih juara satu lomba kaligrafi pada MTQ tersebut. Restia juga pernah meraih juara terbaik kedua pada lomba cabang kaligrafi nasional yang diselenggarakan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, Jawa Barat.

Dengan prestasi yang diraih itu, ia berharap, para pimpinan lingkungan UIN Datokarama Palu memperhatikan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi.

“Agar ke depannya mahasiswa/mahasiswi yang berprestasi lebih berkembang,” katanya.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu