Berita

Mahasiswi UIN Datokarama raih medali emas di turnamen taekwondo

Mahasiswi Program Studi Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, Firdha Nurul Aswa berhasil meraih medali emas pada turnamen taekwondo se-Indonesia timur bertajuk “Indonesia timur terbuka nasional virtual taekwondo turnamen”.

“Saya bangga bisa meraih medali emas, dan saya berharap pihak kampus juga bangga dengan prestasi ini,” ucap Firdha Nurul Aswa, di Palu, Minggu.

Firdha mengikuti tunamen bertajuk Indonesia timur terbuka nasional virtual taekwondo turnamen yang diselenggarakan oleh Provinsi Papua Barat, diikuti 57 club taekwondo dari 18 provinsi di Indonesia Timur.

Di turnamen itu, Firdha diutus oleh Club Taekwondo Family Kota Palu dan bertanding di group empat. Firdha memperagakan jurus poomsae taegeuk delapan dengan sempurna.

Berdasarkan hasil penilaian juri, Firdha dinilai layak meraih medali emas kategori individual poomsae puteri senior di group empat.

“Lombanya secara virtual, pengambilan vidio telah dilakukan sebulan sebelum penilaian dewan juri. Saat ini medali sedang dalam pengiriman,” ujar Firdha.

Firdha perempuan kelahiran 2001 di Kota Palu itu mengaku bangga dengan prestasi yang diraihnya itu. Ia berharap prestasi itu juga menjadi kebangga bagi UIN Datokarama Palu sebagai perguruan tinggi negeri tempat ia menuntut ilmu.

Ia mengharapkan para pimpinan UIN Datokarama Palu memperhatikan prestasi-prestasi yang diraih oleh mahasiswa di berbagai kegiatan, termasuk Firdha yang meraih medali emas di turnamen taekwondo tersebut.

Firdha Nurul Aswa saat ini merupakan mahasiswi semester lima pada Prodi Hukum Keluarga Islam, yang rutin mengasah kemampuan taekwondonya dengan berlatih.

Ia mengaku setiap Senin dan Selasa mengikuti latihan taekwondo di Pusat Pembinaan dan Latihan Pelajar (PPLP) Kota Palu. Bahkan, setiap Rabu, ia harus melatih adik tingkat yang masih berada di sabuk biru dan merah di Club Taekwondo Family Kota Palu.

“Saat ini saya sudah sabuk merah strep hitam dua,” sebut Firdha.

Latihan untuk mengasah bakal dan minat di cabang olahraha beladiri taekwondo yang dijalani Firdha, diakuinya tidak mengganggu proses pekuliahannya di Kampus UIN Datokarama Palu.

“Alhamdulillah tidak mengganggu kuliah,” ujarnya.

Saat ini Firdha sedang menyiapkan dirinya untuk mengikuti seleksi di tingkat Kota Palu, sebagai persiapan mengikuti pekan olahraga tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.

“Iya, saat ini sedang latihan untuk ikut seleksi untuk menjadi atlet Kota Palu pada pada pekan olahraga tingkat Provinsi Sulteng,” sebutnya.

Sumber : humas UIN Datokarama Palu