Berita

Kontingen UIN Palu tampilkan budaya Kaili di PWN Palembang

Kontingen Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, Sulawesi Tengah, menampilkan budaya khas Suku Kaili yaitu “Mpeaju” dan “Mokambu” pada kegiatan Perkemahan Wirakarya Nasional (PWN) Ke-25 yang diselenggarakan di Kota Palembang, Provinsi Sumatera Selatan.

Mpeaju dan Mokambu merupakan tarian penyambutan tamu khas Suku Kaili utamanya Kaili Ledo di Lembah Palu, Sigi dan Donggala, serta sebagian Parigi Moutong.
Mpeaju dan Mokambu menjadi bentuk penghormatan Suku Kaili Ledo kepada para tamu yang datang di Sulawesi Tengah, khususnya di Kota Palu.

Tari tersebut juga sekaligus bentuk keterbukaan dan keramahan masyarakat Suku Kaili untuk menerima para tamu yang datang ke Sulawesi Tengah di Palu, Sigi dan Donggala.

Mpeaju dan Mokambu ditampilkan oleh mahasiswa/mahasiswi UIN Palu yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Racana Karamatul Husna atau Pramuka.

“Iya, peserta telah membuat vidio dua tari tersebut yang dimainkan oleh kader UKM Racana Karamatul Husna, dan vidio tersebut telah dikirim ke panitia PWN Ke-25 di Palembang. Selanjutnya, vidio tarian tersebut akan diputar dalam satu momen kegiatan dan disaksikan oleh seluruh peserta PWN Ke-25,” ujar Pembina UKM Racana Karamatul Husna Arman.

PWN Ke-25 telah dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berlangsung di Jakabaring Sport City Palembang, ditandai dengan menyalakan api unggun virtual, Kamis 11 November 2021.

Seremonial pembukaan PWN dihadiri oleh seluruh Rektor Perguruan Tinggi Keagamaan di bawah naungan Kemenag, termasuk Rektor UIN Datokarama Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd.

Dalam sambutannya Menag Yaqut menyampaikan Pramuka adalah sarana pembinaan generasi muda, “Gerakan Pramuka sudah mengakar secara Historis diseluruh Nusantara sebagai Wadah pembinaan generasi muda, Paramuka menciptakan Kader perubahan” paparnya

Menteri juga mengatakan, bahwa “Pramuka Masa depan Indonesia,Indonesia Masa Depan Pramuka, Pramuka harus menjadi rumah bersama bagi sekumpulan generasi muda yang ingin Berkembang berkarya dan menempa diri.

SUmber : Humas UIN datokarama Palu