Berita Wakil Rektor 1

Kemenag-IAIN Palu optimalkan penyusunan laporan kinerja ASN

Kementerian Agama (Kemenag) melalui Balai Diklat Keagamaan (BDK) Manado, Sulawesi Utara, bersama Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah mengoptimalkan penyusunan laporan kinerja aparatur Sipil Negara (ASN) di kampus tersebut.

“Iya, hal ini untuk membangkitkan kesadaran ASN dan lembaga pemerintah khususnya di bawah naungan Kemenag untuk berprestasi tinggi, produktif dan menuju bangsa yang maju dan modern. Karena itu, ASN di lingkungan Kemenag diharapkan mampu menyusun laporan kinerja yang berkualitas,” ucap Kepala Balai Diklat Keagamaan Manado Khaeroni, Jumat.

Optimalisasi penyusunan laporan kinerja ASN di lingkungan IAIN Palu, dilakukan oleh BDK Manado bersama IAIN Palu lewat pelatihan teknis penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP), yang berlangsung di IAIN Palu, 7 – 11 Juni 2021.

Kata Khaeroni pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas laporan, pengetahuan dan keahlian,ketrampilan dan profesionalisme ASN dalam melaksanakan berbagai kebijakan pemerintah.

“Sehingga dapat terwujud ASN yang berkualitas, mempunyai pengetahuan, keahlian dan ketrampilan dalam melaksanakan berbagai kebijakan pemerintah,” ungkap Khaeroni.

“Olehnya ASN di naungan Kemenag diharapkan mampu menyusun laporan kinerja seiring tuntutan grand design reformasi birokrasi yang menempatkan area akuntabilitas organisasi menjadi bagian penting, dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” sebutnya.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar mengemukakan bahwa LAKIP menjadi satu instrumen yang menuntut adanya peningkatan kinerja ASN.

“Dengan begitu, IAIN Palu sebagai salah satu lembaga negara di bawah naungan Kemenag harus menunjukkan peningkatan kinerja dan akuntabilitas yang baik,” ungkap Prof Abidin Djafar.

Prof Abidin menegaskan, lewat LAKIP indikator kinerja ASN dan lembaga dapat diukur dan diketahui, dalam menunjang reformasi birokrasi.

“Maka penting bagi IAIN Palu untuk mengusai LAKIP dan meningkatkan kinerja dalam tuntutan reformasi birokrasi,” sebutnya.

Pelatihan teknis penyusunan Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (LAKIP) diikuti oleh 30 peserta dari IAIN Palu.

Sumber : Humas IAIN Palu