Berita

IAIN turunkan mahasiswa KKN bantu cegah penyebaran COVID-19

Palu (Humas IAIN Palu) – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu Sulawesi Tengah akan menurunkan mahasiswa kuliah kerja nyata (KKN) di desa/kelurahan mahasiswa masing-masing dengan muatan membantu pemerintah mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Ada beberapa hal yang ditekankan kepada mahasiswa dalam proses KKN tahun ini, untuk peserta tahap kedua. Mereka akan berkoordinasi dengan pemerintah di wilayahnya, di desa/kelurahan masing-masing dalam rangka mencegah penyebaran virus corona,” ucap Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IAIN Palu Prof Dr H M Asy`ari di Palu, Senin.

Asy’ari menerangkan KKN gelombang/angkatan ke delapan, tahap dua tahun 2020 akan dilakukan di wilayah masing-masing mahasiswa.

Saat ini, ia menyebut telah ada 350 mahasiswa yang telah mendaftar dan siap untuk ikut pelaksanaan KKN tersebut.

“KKN tersebut akan berlangsung selama sebulan mulai 15 Mei – 15 Juni, sesuai dengan kalender pendidikan yang ada di IAIN Palu,” sebutnya.

Dalam KKN itu, sebut dia, ada beberapa poin penting yang menjadi penekanan kepada peserta. Pertama, peserta melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah di wilayahnya, mulai dari tingkat desa, RT dan RW.

Koordinasi itu, berkaitan dengan keberadaan mahasiswa dan program yang akan dilaksanakan selama sebulan.

“Program yang pertama yakni membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran COVID-19. Jadi mereka akan berperan untuk menyosialisasikan aturan yang telah ada berkaitan dengan antisipasi dan pencegahan COVID-19,” sebutnya.

Kedua, mahasiswa KKN harus melakukan kegiatan non-fisik yang berkaitan dengan aqidah, ahlak dan syariah.

“Misalnya, membangun komunikasi dengan pemerintah untuk melakukan pendekatan persuasif kepada pihak-pihak yang masih tetap melaksanakan Shalat Jumat berjamaah, di wilayah-nya masing-masing. Ini untuk menindaklanjuti aturan-aturan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dan MUI berkaitan dengan ibadah di tengah adanya penyebaran COVID-19,” ujar dia.

Ia mengatakan dalam pelaksanaan KKN itu IAIN Palu juga menunjuk tim pembimbing untuk melakukan pembimbingan kepada mahasiswa, baik secara manual atau online.

Hingga saat ini, sebut dia proses pendaftaran mahasiswa KKN masih berlangsung hingga Mei 2020, sebelum diturunkan ke wilayah masing-masing mahasiswa.

IAIN Palu dibawa kepemimpinan Rektor IAIN Palu Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd saat ini terus melakukan persiapan pelaksanaan KKN dari rumah.