Berita Rektor

IAIN Palu upayakan peningkatan profesionalitas guru madrasyah-PAI

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, terus mengupayakan peningkatan profesionalitas guru madrasyah dan guru pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah umum, dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

“Jadi refreshment dosen dan guru pamong dalam lokakarya pendidikan profesi guru dalam jabatan, merupakan satu upaya pengembangan profesionalitas guru,” ucap Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palu, Dr Hamlan, di Palu, Sabtu.

Kata Hamlan, LPTK IAIN Palu yang melekat di FTIK telah melaksanakan refreshment dosen dan guru pamong dalam lokakarya pendidikan profesi guru dalam jabatan.

Lewat kegiatan itu, IAIN Palu melatih 49 dosen terdiri dari 29 dosen PAI
dan 20 dosen madrasyah, kemudian 25 orang guru pamong terdiri dari 15 guru PAI dan 10 orang guru madraysah.

“Semua guru pamong ini sudah memiliki sertifikasi atau sudah memiliki kompoetensi untuk mengajar,” ujar dia.

Dosen dan guru pamong itu selanjutnya akan memberikan pengayaan dan membina 117 guru pendidikan agama Islam dari sekolah umum dan 150 guru madrasah, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, yang mengikuti PPG tahun 2021 atas kerjasama IAIN Palu dan Kementerian Agama.

Para dosen dan guru pamong yang terlibat dalam program PPG, akan melakukan pengembangan profesionalitas guru dalam program PPG itu pada bidang perangkat pembelajaran dan tindakan kelas (pedagogik)

“Karena itu para dosen dan guru pamong diajarkan tentang pengembangan perangkat pembelajaran dan penelitian tindakan kelas,” sebutnya.

Hal ini sebagai upaya untuk mempersiapkan para guru melaksanakan PPL, dengan perangkat pembelajaran di sekolah. Begitu juga dengan implementasi penelitian tindakan kelas, yang telah diajarkan tentang teknik/metode melakukan penelitian tindakan kelas.

“Ketika mereka melaksanakan PPL di sekolah, maka mereka menggunakan perangkat pembelajaran yang telah diberikan dalam lokakarya,” ujarnya.

Berkaitan dengan itu Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan optimalisasi pendidikan profesi guru (PPG) dalam upaya membangun kapasitas guru untuk menundukung program pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia unggul.

IAIN Palu sebagai satu lembaga pendidikan di Sulteng, kata Prof Sagaf, terus berupaya memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan peradaban manusia, salah satunya melalui optimalisasi pembinaan guru madrasyah dan guru pendidikan agama Islam di sekolah umum.

Pembinaan terhadap guru dilakukan, seiring dengan adanya izin penyelenggaraan program studi PPG yang diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Agama.

“Maka kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada IAIN Palu harus dioptimalkan dengan baik sesuai fungsinya untuk peningkatan kompotensi guru,” ujarnya.

SUmber : Humas IAIN Palu