Berita

IAIN Palu siapkan sarana pelaksanaan seleksi Maba jalur UMPTKIN

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai menyiapkan segala sarana prasarana persiapan pelaksanaan seleksi mahasiswa baru (Maba) jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UMPTKIN) tahun 2021.

“Iya, pendaftaran UMPTKIN sudah ditutup dan saat ini mulai masuk pada tahap seleksi atau tes,” ucap Wakil Rektor BIdang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar MAg, di Palu, Senin.

Abidin Djafar menguraikan berdasarkan hasil pendaftaran, jumlah calon mahasiswa baru atau siswa-siswi yang mendaftar di IAIN Palu melalui jalur UMPTKIN sebanyak 1.845 orang.

Kata dia, 1.845 calon mahasiswa baru itu, selanjutnya akan mengikuti seleksi atau tes secara online yang diselenggarakan secara nasional mulai tanggal 24 – 26 Mei 2021.

Saat ini, ujar dia, IAIN Palu telah menyiapkan berbagai sarana dukungan pelaksanaan seleksi/ujian terdiri dari komputer dan jaringan internet di kampus tersebut.

“Hal ini agar calon mahasiswa atau pendaftar yang belum atau tidak memiliki akses dukungan sarana prasarana, bisa mengikuti ujian seleksi dari kampus IAIN Palu,” ungkapnya.

“Kami menyiapkan satu gedung laboratorium komputer dilengkapi fasilitas internet untuk mendukung pelaksanaan ujian tersebut,” ungkapnya lagi.

Untuk memudahkan para calon pendaftar dalam mengikuti seleksi nantinya, sebut dia, terlebih dahulu diawali dengan pelaksanaan uji coba yang dilaksanakan dari tanggal 17 – 19 Mei 2021 di laboratorium komputer IAIN Palu.

Ia berharap para peserta dapat mengikuti uji coba tersebut dengan baik, utamanya mampu beradaptasi dan dapat menggunakan sistem digital elektronik, agar dalam mengikuti seleksi bisa berjalan dengan baik.

Prof Abidin Djafar juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaan seleksi mahasiswa baru jalur UMPTKIN, muatan seleksi meliputi wawasan kebangsaan, kemampuan dasar keagamaan dan keislaman, serta ilmu pengetahuan alam dan sosial, termasuk baca dan tulis Alquran.

“Nah, dengan muatan tersebut kami berharap peserta dapat menyelesaikan seluruh soal dengan baik, sehingga kuota penerimaan mahasiswa yang diberikan oleh Pusat sebanyak 1.100 bisa terpenuhi,” ujarnya.

Ia menambahkan, selain jalur UMPTKIN, IAIN Palu juga mendapat diminati oleh calon mahasiswa melalu jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) tahun 2021. Jumlah peminat IAIN Palu sebanyak 1.804, namun yang dapat diterima berdasarkan hasil seleksi nasional sebanyak 728 orang.

“Seleksinya ketat, hal ini penilaiannya berdasarkan nilai yang diperoleh oleh siswa-siswa yang tercantum dalam rapor siswa-siswa itu sendiri,” sebutnya.

Kata dia, saat ini peserta calon mahasiswa dari jalur pendaftaran SPAN sedang melakukan registrasi ulang atau pendaftaran ulang untuk selanjutnya akan mengikuti Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), menunggu selesainya proses seleksi jalur UMPTKIN dan pendaftaran dan seleksi jalur mandiri.

Sumber : Humas IAIN Palu