Berita Rektor Wakil Rektor 1

IAIN Palu perkuat program studi menuju akreditasi unggul

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mulai memperkuat seluruh program studi yang ada di kampus tersebut sebagai upaya menyiapkan diri untuk menuju akreditasi unggul di masa mendatang.

“Semua pimpinan mulai dari di tingkat rektorat sampai di tingkat program studi, harus membangun persamaan persepsi mengenai isi dan instruksi borang,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar, di Sigi, Sabtu.

Penguatan menuju akreditasi unggul dilakukan oleh IAIN Palu melalui workshop pengembangan lembaga standar mutu dan menuju akreditasi unggul, yang melibatkan semua wakil rektor, dekan dan wakil dekan, kabag dan kasubag di tingkat rektorat dan fakultas, ketua-ketua lembaga dan unit, serta semua ketua-ketua dan sekretaris program studi.

Prof Abidin Djafar mengemukakan penguatan itu penting, agar semua komponen civitas akademik di lingkungan IAIN Palu memiliki kesamaan persepsi untuk mengutama pencapaian mutu lewat akreditasi unggul.

“Meliputi pemenuhan kewajiban standarisasi borang, dokumen kegiatan akademik, dan dokumentasi kegiatan,” ujar Prof Abidin Djafar.

Dengan terbangunnya persamaan persepsi, maka, kata Prof Abidin, pimpinan di semua tingkatan harus mengawal dan memprioritaskan akreditasi borang dalam penyelenggaraan akademik. “Maka semua pimpinan secara sukarela mengumpulkan data dan dokumen kegiatan akademik, ” sebutnya.

Ia menguraikan, IAIN Palu berkeinginan empat program studi meliputi Prodi Hukum Keluarga Islam, Hukum Tata Negara, Perbandingan Mazhab, dan Prodi PPI dapat predikat akreditasi unggul.”Kita berkeinginan empat prodi dalam waktu dekat ini mendapat akreditasi unggul,” ungkapnya.

Kata dia, untuk mencapai akreditasi unggul institut atau secara kelembagaan mendapat akreditasi unggul, maka prodi perlu dibenahi terlebih dahulu. “Untuk menuju akreditasi unggul institut, maka yang perlu dibenahi terlebih dahulu adalah prodi,” sebutnya.

Sementara itu Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi berharap workshop tersebut dapat memberikan satu pengetahuan baru kepada semua komponen akademik di IAIN Palu, untuk melakukan pembenahan, perbaikan dan penguatan di masing-masing prodi, lembaga dan unit, demi mencapai akreditasi unggul.

“Salah satu indikator nasional kualitas atau mutu perguruan tinggi yaitu diukur dengan akreditasi. Karena itu, akreditasi menjadi hal yang sangat penting,” kata Prof Sagaf.

Ia juga meminta kepada semua fakultas, unit dan lembaga agar dalam perumusan visi dan misi, di tingkat fakultas dan prodi serta unit dan lembaga linear dengan visi dan misi institut.

“Kemudian perlu evaluasi dan pemantauan ketercapaian visi dan misi per semester misalnya, yang dibarengi dengan audit mutu. Hasilnya harus ditindaklanjuti,” sebut Prof Sagaf.

Sumber : Humas IAIN Palu