Berita

IAIN Palu kerjasama Kemenag asah optimalkan pembinaan guru Madrasah

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, bekerjasama dengan Kementerian Agama (Kemenag) mengoptimalkan pembinaan kompotensi guru madrasyah dan guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang ada di sekolah umum.

“Iya, kerjasama ini untuk penguatan tenaga pengajar dosen yang nantinya terjun mengajar dan membimbing para guru madrasyah dan guru PAI dalam program pendidikan profesi guru,” ucap Dekan Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palu Dr Hamlan, di Palu, Sabtu.

IAIN Palu lewat Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) dan Kemenag, sebut Hamlan, sepakat berkolaborasi terkait dengan pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), yang dalam implementasinya menggunakan aplikasi ‘learning managemen sistem (LMS)’ yang telah didesain oleh Kementerian Agama.

Karena itu, kata Hamlan, sebelum para dosen terjun mengajar para guru madrasyah dan guru PAI se-Indonesia, terlebih dahulu diberikan penguatan khususnya teknik penggunaan dan pemanfaatan aplikasi LMS, lewat lokakarya bertajuk “refreshment dosen PPG dlam jabatan LPTK IAIN Palu tahun 2021”.

IAIN Palu melibatkan tiga narasumber dari Kementerian Agama terdiri dari Kasubdit Bina Guru TK, Madrasyah Ibtidaiyah, MTs, Ainur Rofiq. Kemudian tim pengembang aplikasi LMS PPG Nasional di lingkup Kemenag Abid Khofif dan Agung Laksnono.

“Iya mereka para dosen tenaga pengajar dalam program PPG diberi penguatan teknik aplikasi LMS, penguatan bagi dosen pendidikan profesi guru dalam jabatan,” sebutnya.

Pembinaan terhadap guru madrasyah dan guru PAI se-Indonesia melalui aplikasi tersebut, akan berlangsung selama tiga bulan, melibatkan 61 tenaga pengajar dosen IAIN Palu. “Pelaksanaannya dimulai tanggal 7 Juni 2021,” sebutnya.

Selain memberikan penguatan mengenai penggunaan aplikasi LMS, kata dia, para dosen juga diberi penguatan mengenai aspek substansi keilmuan, profesionalitas, maupun keilmuan paedagogik.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar mengemukakan pengoptimalan pendidikan profesi guru (PPG) menjadi upaya membangun kapasitas guru untuk menundukung program pemerintah dalam pembangunan sumber daya manusia unggul di Indonesia dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

“IAIN Palu adalah aset umat, aset masyarakat Sulawesi Tengah, sehingga pembinaan kapasitas guru dari berbagai daerah di perguruan tinggi Islam ini menjadi satu upaya kontribusi terhadap daerah kita,” ucap Prof Abidin Djafar.

IAIN Palu sebagai satu lembaga pendidikan di Sulteng, kata Prof Abidin Djafar, terus berupaya memberikan kontribusi besar terhadap pembangunan peradaban manusia, salah satunya melalui optimalisasi pembinaan guru madrasyah dan guru pendidikan agama Islam di sekolah umum.

Sumber : Humas IAIN Palu