Berita

IAIN Palu dukung Gubernur Sulteng tingkatkan pendidikan vokasi

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, mendukung Gubernur Sulteng Rusdy Mastura untuk meningkatkan pendidikan vokasi di daerah tersebut, sebagai satu upaya meningkatkan sumber daya manusia dan keterampilan generasi muda yang siap kerja.

“Pemerintah daerah perlu membangun sinergitas dan strategi dalam memberikan penguatan sumber daya manusia secara intelektual, keterampilan dan moral bagi generasi muda kedepan, salah satunya dapat dilakukan lewat optimalisasi dan peningkatan pendidikan vokasi,” ucap Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Kamis.

Pendidikan vokasi menjadi satu solusi untuk membangun keterampilan putera dan puteri Sulawesi Tengah, yang disesuikan dengan potensi sumber daya alam dan peluang investasi yang dimiliki oleh Sulteng.

Rektor Prof Sagaf minilai pendidikan vokasi menjadi satu upaya strategis yang harus digenjot dalam membangun keterampilan generasi muda Sulteng di tingkat SLTA sederajat.

Agar kebutuhan tenaga kerja di masa mendatang bagi setiap investor yang masuk ke Sulawesi Tengah dan berinvestasi di sektor energi sumber daya mineral, kelautan, perkebunan dan pertanian, dapat dipenuhi oleh daerah.

“Di satu sisi, langkah ini untuk mencegah terjadinya kecemburuan sosial di masyarakat. Karena kita tau bersama bahwa salah satu tantangan yang dihadapi oleh investor untuk berinvestasi yakni kesiapan sumber daya khususnya tenaga kerja lokal,” sebutnya.

“Karena itu, pendidikan vokasi harus menjadi solusi dalam mengimbangi kebutuhan tersebut. Selamat kepada Bapak Rusdi Mastura dan Ma’mun Amir sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng yang baru,” ujarnya.

Gubernur Sulteng Rusdy Mastura mengatakan akan meningkatkan pendidikan vokasi sesuai dengan kebutuhan investasi/investor, yang masuk ke daerah Sulteng.

“Kedepan kita harus meningkatkan pendidikan Vokasi sesuai dengan jurusan yang dibutuhkan perusahaan industri yang ada didaerah kita,” kata Gubernur Rusdy Mastura.

Gubernur menyebut generasi muda harus disiapkan oleh pemerintah daerah agar kelak bisa menjadi tenaga kerja di industri yang dibangun oleh investor di Sulteng.

“Anak-anak kita kedepan, kita persiapkan untuk bisa menjadi tenaga kerja pada industri yang berkembang di daerah kita, harapan saya  kedepan anak anak kita menjadi tenaga kerja pada industri -industri yang dibangun di daerah. Ini kita lakukan dengan meningkatkan peran BLK agar BLK bisa meningkatkan skill anak -anak kita untuk siap bekerja, kita datangkan tenaga pelatih sesuai jurusan yang dibutuhkan, harapan saya tenaga tenaga ahli di perusahaan bisa diisi anak-anak Sulawesi Tengah kedepan,” ujar Gubernur Rusdy Mastura.

Sumber : Humas IAIN Palu