Berita

Gubernur harap UIN Palu bantu Pemprov Sulteng berdayakan masyarakat

Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura mengharapkan Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu agar membantu Pemprov Sulteng untuk memberdayakan masyarakat lewat fungsi dan peran yang dimiliki perguruan tinggi tersebut.

“Diharapkan peran UIN Datokarama Palu untuk dapat mendukung program pemberdayaan masyarakat lewat organisasi keagamaan,” ucap Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Kamis.

Gubernur Rusdy Mastura menyampaikan harapan itu, saat menerima kunjungan Rektor UIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di ruang kerja Gubernur Sulteng, di Palu.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Rusdy Mastura bangga dan menyampaikan selamat atas terjadinya perubahan bentuk kelembagaan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu.

Gubernur Rusdy berharap perubahan atau transformasi kelembagaan dari IAIN menjadi UIN berdampak pada luasnya peran perguruan tinggi tersebut dalam membantu pemerintah menyukseskan pembangunan daerah.

“Selamat kepada seluruh civitas akademik, semoga perubahan kelembagaan ini UIN Datokarama Palu ini semakin memperkuat Sulteng dalam percepatan pembangunan daerah,” kata Prof Sagaf.

Kepada Prof Sagaf, Gubernur Rusdy mengatakan bahwa Kementerian Desa-PDTT telah menyetujui usulan Pemprov Sulteng mengenai program smart village di setiap desa di Sulteng. Kemendes-PDTT akan memberikan dukungan senilai Rp50 juta kepada desa untuk program tersebut.

Gubernur berharap UIN Palu dapat berkontribusi dan bersinergi untuk menyukseskan program tersebut.

Karena itu, Gubernur Rusdy mendorong perguruan tinggi agar melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, yang bermuara pada peningkatan kualitas hidup masyarakat dan peningkatan ekonomi warga.

Berkaitan dengan itu Rektor UIN Palu Prof Sagaf Pettalongi menegaskan bahwa keberadaan perguruan tinggi yang dipimpinnya akan membantu menyukseskan program pembangunan daerah di wilayah Sulteng.

Prof Sagaf mengemukakan alih status menjadi UIN, akan semakin memperluas peran dan fungsi dalam menopang pembangunan daerah, pada aspek pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kapasitas.

“Iya, alih status menjadi UIN juga akan mempercepat pengembangan secara akademik dan pengembangan masyarakat,” ujar Prof Sagaf.

Sumber : Humas UIN Datokarama Palu