Berita

FUAD IAIN Palu: IPII laboratorium pencetakan tenaga pustakawan muslim

Dekan Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Dr Lukman S Thahir mengemukana bahwa program studi Ilmu Perpustakaan Informasi Islam (IPII) merupakan laboratorium yang berfungsi untuk mencetak tenaga pustakawan muslim yang handal di masa-masa kini dan akan datang.

“Prodi IPII ini menjadi satu upaya untuk menjawab tantangan zaman dan tuntutan masyarakat, dalam hal melahirkan kaum profesional di bidang pengelolaan dan penataan perpusatakaan,” ucap Dr Lukman S Thahir, di Palu, Kamis.

Saat ini, kata Lukman, FUAD sedang menghadapi asesmen prodi IPII yang dilaksanakan oleh Badan Akreditasi Nasional perguruan Tinggi (BAN-PT) secara daring, 26 – 17 Juni 2021.

BAN-PT mengutus dua tim asesor yakni Sri Rohyanti Zulaikha dan Jonner Hasugian untuk melakukan asesmen terhadap program studi tersebut, yang bertujuan untuk menentukan nilai akreditasi dari prodi itu.

Lukman S Thahir mengemukakan untuk wilayah Kota Palu, hanya IAIN Palu melalui FUAD yang memiliki program studi ilmu perpustakaan dan informasi Islam.

“Prodi ini, prodi satu-satunya yang ada di Kota Palu, karena itu kami berharap agar asesor BAN-PT dapat memberikan penguatan terhadap prodi ini,” ungkap Lukman S Thahir.

Karena itu, sebut Lukman S Thahir, program studi IPII menjadi satu produk unggulan yang dimliki oleg FUAD IAIN Palu, yang sejalan dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

“Sehingga kami berharap tim asesor dari BAN-PT dapat mengemas produk ini dengan kemasan yang unggul atau baik sekali, dalam rangka membantu pengembangan prodi ini,” kata Lukman S Thahir.

Berkaitan dengan itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Abidin Djafar berharap dukungan BAN-PT untuk membantu pengembangan IAIN Palu melalui penguatan program studi yang dimiliki, salah satunya yakni Prodi IPII.

“Tentu harapan ini sejalan dengan upaya-upaya yang telah disiapkan oleh civitas akademik IAIN Palu khususnya bagian prodi IPII, FUAD dan LPM, dalam menghadapi asesmen untuk akreditasi prodi,” sebut Prof Abidin.

Prof Abidin mengakui bahwa Prodi IPII menjadi satu produk unggulan yang dimiliki oleh IAIN Palu, untuk mencetak para sarjana yang ahli dalam perpustakaan dan informasi Islam.

“Hal ini tidak lepas dari visi dan misi IAIN Palu yang mengembangkan Islam moderat berbasis integrasi ilmu, spiritual dan kearifan lokal,” ujarnya.

Sumber : Humas IAIN Palu