Berita Umum

FTIK IAIN Palu kerjasama FKIP Untad optimalkan implementasi Tri Dharma

Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (FTIK IAIN) Palu, Sulawesi Tengah bekerjasama dengan Fakultas Keguruan Ilmu Pendididkan (FKIP) Universitas Tadulako (Untad) dalam rangka mengoptimalkan implementasi tri dharma perguruan tinggi meliputi penelitian, pendidikan dan pengajaran serta pengabdian terhadap masyarakat.

“Kerjasama ini sebagai bentuk tindaklanjut dari pemenuhan kebutuhan atas tuntutan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi penelitian, pengabdian terhadap masyarakat, pendidikan dan pengajaran,” ucap Dekan FTIK IAIN Palu Dr Hamlan, di Palu, Jumat.

Kerjasama dua fakultas itu ditandai dengan penandatangan nota kesepaham (memorandum of understanding) dan memorandum of agreement, memuat beberapa poin-poin penting.

Hamlan menjelaskan, FTIK IAIN Palu dengan FKIP Untad memiliki beberapa kesamaan dalam hal program studi untuk pengembangan pendidikan dan pengajaran. Misalnya, FTIK IAIN Palu memiliki program studi Pendidikan Guru Madrasyah Ibtidaiyah (PGMI) dan FKIP UNtad memiliki prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD).

Selain itu, FTIK juga memiliki prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), FKIP Untad Palu memiliki prodi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Begitu juga, kata Hamlan dengan program studi IPA dan IPS juga juga ada kesamaan antara FTIK dengan FKIP Untad.

Lewat kesamaan program studi itu, ujar dia, masing-masing dosen dari dua fakultas tersebut bisa saling berbagi bidang keahlian atau ilmu pengetahuan dan pengalaman.

“Olehnya dengan kerjasama ini, dosen di FKIP Untad bisa mengajar di FTIK IAIN Palu dan dosen di FTIK IAIN Palu bisa mengajar di FKIP Untad,” ujarnya.

Hal itu, ujar dia, untuk mendinamisasi pengetahuan mahasiswa dan mengkolaborasikan antara pengetahuan agama dengan pengetahuan umum dalam implementasi pendidikan dan pengajaran.

Selain itu, kata dia, lewat kerjasama itu juga akan dilakukan penelitian yang mengkolaborasikan antara dosen FKIP Untad dengan dosen FTIK IAIN Palu.

“Penelitian dosen, kerja-kerja kolaborasi ini sangat penting untuk dilakukan, sehingga sesama dosen dapat melakukan pertukaran informasi dan pengalaman dalam penelitian,” ujarnya.

Di sisi lain, lewat kerjasama itu, dosen pada FKIP Untad dapat dilibatkan oleh FTIK IAIN Palu menjadi narasumber dalam kegiatan-kegiatan workshop dan sebagainya yang menyangkut dengan kependidikan dan pengajaran.

“Hal ini berkaitan dengan rekokgoni dosen di dalam borang, bagaimana dosen yang ada di FTIK, bisa menyebarluaskan bidang keilmuannya baik di eksternal dan internal,” katanya.

Kerjasama itu, lanjut dia, juga untuk merumuskan kurikulum Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial yang mengkolaborasikan dosen IAIN Palu dan Dosen Untad pada dua fakultas tersebut.