Berita Rektor

Rektor IAIN Palu : Ramadhan jadi istimewa karena turunnya Alquran

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd menyatakan bulan Ramadhan menjadi bulan istimewa karena adanya Alquran diturunkan oleh Allah pada bulan tersebut.

“Alquran diturunkan pada bulan ramadhan maka Allah jadikan bulan ramadhan sebagai bulan yang istimewa,” ucap Prof H Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Rabu, berkaitan dengan momentum nuzulul quran.

Karena itu, kata Prof Sagaf, Nuzulul quran adalah malam pertama kali Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW, melalui perantaraan malaikat Jibril.

Alquran diturunkan ke muka bumi, tegas Prof Sagaf sebagai petunjuk bagi manusia dan pembeda antara yang baik dan buruk, sesuai dengan Firman Allah pada Surah Albaqarah 185 yang berbunyi “Bulan Ramadan adalah bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil)”.

“Karena itu Alquran bagi Umat Islam harus diposisikan sebagai sumber petunjuk dan rujukan dalam berbagai aspek kehidupan manusia,” kata Prof Sagaf.

Alquran, sebut Prof Sagaf tidak ada keraguan di dalamnya, maka umat Islam tidak perlu ragu untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman utama dalam menjalani kehidupan di muka bumi.

Alquran sebagai petunjuk dan pedoman hidup akan mengantar umat Islam pada kebenaran dan kebahagian tertinggi di akhirat kelak.

“Maka momentum nuzulul quran, harus menjadi momen untuk refleksi bagi umat Islam untuk kembali pada Alquran,” ungkap Prof Sagaf.

Prof Sagaf menjelaskan, Alquran yang diturunkan di bulan ramadhan, sekaligus mengantar bulan Ramadhan itu menjadi bulannya Alquran.

“Maka salah satu amalan yang penting untuk dilakukan di bulan Ramadhan selain berpuasa, qiyamulail, bersedekah juga harus memperbanyak membaca Alquran.

Momentum nuzulul quran penting dijadikan sebagai refleksi dan menjadikan tuntunan atas berbagai nilai-nilai dalam kehidupan kita dengan cara mengkaji dan mentadabbur alquran,” kata Prof Sagaf.

Jika nilai-nilai Alquran benar-benar dapat dijadikan sebagai petunjuk maka pasti seseorang dapat meraih Takwa disisi Allah swt. Karena takwa yang dikehendaki dalam Islam adalah, tidak hanya memiliki kedekatan dengan Allah tetapi juga memiliki kedekatan dengan sesama manusia, qaribun mina Allah wa qaribun mina naas,” tambahnya.