Berita Rektor

Rektor IAIN Palu minta mahasiswa agar kerjasama dosen lakukan riset

Humas IAIN Palu- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi MPd meminta kepada mahasiswa  di kampus yang dipimpinnya agar berkolaborasi atau kerjasama dengan dosen untuk melakukan riset-riset ilmiah.

“Mahasiswa bisa berkolaborasi dengan dosen untuk melakukan riset-riset ilmiah,” ucap Prof Sagaf Pettalongi saat menyampaikan sambutan pada pelantikan pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM), senat mahasiswa dan dewan mahasiswa, di Sigi, Senin.

Kepada tokoh-tokoh mahasiswa dan kepada organisasi intra kampus baik UKM, senat dan dema di tingkat institut dan fakultas, Prof Sagaf berharap agar melakukan kegiatan yang berorientasi pada peningkatan intelektual dan keterampilan.

UKM, senat mahasiswa dan dewan mahasiswa, kata Rektor, dapat membuat kegiatan yang mendorong dan kemampuan mahasiswa untuk menulis artikel dan karya ilmiah.

“Misalnya membuat kegiatan tentang teknik menulis karya ilmiah, atau menulis di jurnal. Selain itu, bisa juga membuat lomba karya tulis ilmiah,” kata Prof Sagaf.

“Ini perlu diprogramkan oleh masing-masing UKM, senat mahasiswa dan dewan mahasiswa tingkat fakultas dan institut,” tambahnya.

Setiap UKM, senat dan dewan mahasiswa, kata Prof Sagaf juga perlu mendorong kadernya untuk melakukan riset-riset ilmiah, dalam rangka pengembangan intelektual, yang berkolaborasi dengan dosen.

Rektor meminta kepada setiap pembina UKM untuk mengawal, mendampingi dan mengarahkan setiap program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh UKM.

“Pembina UKM agar mengenal mahasiswa dengan baik, dan mengenal programnya,” sebutnya.

Rektor menekankan bahwa mahasiswa IAIN Palu yang bergabung dengan organisasi intra kampus, agar sukses dalam studi dan unggul dalam organisasi.

“Tokoh-tokoh mahasiswa harus selesai kuliah tepat waktu,” imbuhnya