Berita

IAIN Palu segera aktifkan proses perkuliahan di kampus II

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, segera mengaktifkan proses perkuliahan dan pelayanan administrasi akademik di kampus II terletak di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

“Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan sudah akan berkantor di kampus II untuk tahun ini,” ucap Rektor IAIN Palu Prof Sagaf S Pettalongi MPd, di Palu, Minggu.

Prof Sagaf mengemukakan Fakultas Tarbiyah merupakan fakultas dengan jumlah mahasiswa terbesar yaitu 2.700 lebih dari total keseluruhan jumlah mahasiswa IAIN Palu sebanyak 9.000 lebih.

Karena itu, kata Prof Sagaf pemindahan mahasiswa Fakultas Tarbiyah ke kampus II akan dilakukan secara perlahan-lahan atau bertahap.

Hal itu juga disesuaikan dengan kondisi ketersediaan sarana prasarana yang tersedia di kampus II IAIN Palu di Desa Pombewe, Sigi.

“Olehnya kami sangat berharap dukungan dari Kementerian Agama, Pemprov Sulteng dan Pemda Kabupaten Sigi berkaitan dengan pengembangan kampus ini di Sigi,” ujarnya.

Saat ini, Kementerian Agama melalui IAIN Palu telah membangun tujuh gedung berlantai tiga di kampus dua. Pembangunan atas gedung tersebut dilakukan di atas lahan seluas 21 hektare yang sudah bersertifikat hak milik.

Pembangunan tujuh gedung tersebut diawali sejak tahun 2017 hingga tahun 2020 ini, yang pembiayaannya bersumber dari Surat Berharga Syariat Negara (SBSN), bahkan di tahun 2021 ini direncanakan akan dibangun gedung laboratorium dan perpustakaan di kampus II.

Berkaitan dengan itu Plh Bupati Sigi Muh Basir mengatakan bahwa Pemkab Sigi mendukung dan siap membantu pengembangan kampus IAIN Palu di Kabupaten Sigi.

“Sesuai arahan dan komitmen Bupati Sigi bahwa Pemkab Siap memberikan bantuan dan dukungan sepenuhnya kepada IAIN Palu,” ujarnya.

Sumber : Humas IAIN Palu