Berita Rektor

Rektor IAIN Palu: Pers Punya Peran Mencerdaskan Bangsa

HUMAS IAIN PALU, PALU- Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Sagaf S Pettalongi bangga dengan kerja dan karya pers di Sulawesi Tengah.

Ia menilai, insan pers dan perusahaan media memiliki peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Karya yang diterbitkan oleh perusahaan pers, merupakan satu bentuk produk yang menjadi satu pengetahuan bagi pembaca, inilah peran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa,” ucap Sagaf S Pettalongi, Selasa (9/2/2021).

Menurutnya, pers perlu memegang prinsip mendidik, mencerahkan sekaligus pemberi solusi melalui karya jurnalistik.

Apalagi di masa pandemi Covid-19, informasi negatif mengenai virus Corona, vaksin, maupun upaya pemerintah  banyak bertebar di berbagai platform media sosial.

“Cukup meresahkan, banyak disebar informasi yang membuat panik,” tuturnya.

Melalui karya tulisan bisa dipastikan dapat memberikan edukasi mengenai pandemi Covid-19 dan vaksin.

“Informasi negatif mengenai pandemi Covid-19 yang menyebut bahwa Covid adalah konsipirasi banyak beredar. Informasi negatif menyangkut vaksin ini membentuk langsung pemahaman masyarakat. Akibatnya, muncul resistensi ditingkat masyarakat,” Sagaf S Pettalongi.

Peran pers dalam mendidik dan mencerahkan masyarakat, sebagai satu bentuk kepedulian dan keberpihakan pers menyukseskan penyelenggaraan pembangunan manusia.

“Peran dan tanggung jawab begitu besar diemban oleh insan pers dan perusahaan media, patut untuk diberikan apresiasi kepada mereka,” jelasnya.

“Saya secara pribadi dan mewakili seluruh komponen civitas akademik IAIN Palu mengucapkan selamat Hari Pers Nasional tahun 2021, semoga peran untuk mengedukasi masyarakat tetap dipertahankan dan ditingkatkan,” ucap Sagaf S Pettalongi. (*)