Berita Rektor

Rektor : Pembangunan Sarpras lewat skema pembiayaan ADB sangat membantu IAIN Palu

Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, Prof Dr H Sagaf S Pettalongi MPd mengemukakan bahwa pembangunan sarana prasarana lewat skema pembiayaan Asia Developmen Bank atau Bank Pembangunan Asia (ADB) sangat membantu perguruan tinggi Islam negeri yang dipimpinnya.

“Pembangunan sarpras ini berdampak langsung pada pemenuhan sarpras IAIN Palu berupa ruang kelas belajar, ruang pertemuan mahasiswa yang bisa digunakan untuk FGD dan seminar, serta taman kanak-kanak IAIN Palu,” ucap Prof Sagaf Pettalongi MPd, di Palu, Senin, pada seremonial pengeroban awal atas pelaksanaan pembangunan Ruang Terbuka Hijau dan Gedung Evakuasi dan Mitigasi Bencana.

Pembangunan gedung evakuasi dan mitigasi bencana merupakan rangkaian kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi untuk pemulihan IAIN Palu, setelah kampus tersebut diterjang tsunami pada 2018 silam.

Gedung evakuasi dan mitigasi bencana, berfungsi untuk pengurangan risiko bencana. Karena itu, gedung tersebut dibangun dengan memperhatikan standar keamanan bencana.

Selain itu, pembangunan gedung tersebut juga diikutkan dengan pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH), dengan fungsi pengurangan risiko bencana.

Pembangunan sarana prasarana itu dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Sarana Permukiman Wilayah Sulawesi Tengah, yang pendanaannya bersumber dari ADB.

Olehnya, pembangunan itu juga dikontrol secara ketat oleh pihak ADB.

IAIN Palu dalam hal ini hanya sebagai penerima manfaat dari kegiatan pembangunan tersebut.

“Saya mewakili seluruh komponen civitas akademik IAIN Palu mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat, dan jajaran Kementerian PUPR di wilayah Sulteng serta pihak ADB dan Pemkot Palu, Pemprov Sulteng yang telah membantu, hingga kegiatan ini bisa berjalan,” ujar Prof Sagaf.

“Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik, sesuai dengan harapan dan keinginan kita semua,” tambahnya.