Berita Wakil Rektor 1

1.084 calon Maba IAIN Palu jalur UMPTKIN ikut seleksi berbasis online

1.084 calon Maba IAIN Palu jalur UMPTKIN ikut seleksi berbasis online

Sebanyak 1.084 calon mahasiswa baru (Maba) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) jalur pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) mengikuti seleksi ujian masuk berbasis online.

“Iya, 1.084 peserta calon mahasiswa baru hari ini mulai ujian untuk penentuan lulus atau tidak,” ucap Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu Prof Dr H Abidin Djafar MAg, di Palu, Senin.

Kata Prof Abidin Djafar 1.084 peserta ujian masuk, akan mengikuti seleksi mulai 24 – 27 Mei 2021. Peserta, sebut dia, dapat mengikuti seleksi dari rumah masing-masing atau dari IAIN Palu.

IAIN Palu, ujar dia, telah menyiapkan sarana dan fasilitas untuk penunjang kelancaran pelaksaan ujian masuk jalur UMPTKIN. Karena itu, peserta calon mahasiswa baru dapat mengikuti pelaksanaan ujian dari kampus tersebut.

Ia mengimbau kepada calon mahasiswa baru jalur UMPTKIN, agar sebaiknya mengikuti pelaksanaan ujian dari IAIN Palu, bila peserta calon mahasiswa belum memiliki sarana dan fasilitas lengkap seperti ketersediaan jaringan internet dan komputer.

“Untuk menghindari kemungkinan hal-hal yang tidak diinginkan, maka sebaiknya peserta calon mahasiswa baru mengikuti pelaksanaan ujian dari kampus. Di kampus, peserta tidak perlu ragu dengan kualitas jaringan internet dan komputer yang sudah disiapkan,” ujarnya.

Prof Abidin Djafar juga menerangkan bahwa dalam pelaksanaan seleksi mahasiswa baru jalur UMPTKIN, muatan seleksi meliputi wawasan kebangsaan, kemampuan dasar keagamaan dan keislaman serta ilmu pengetahuan alam dan sosial, termasuk baca dan tulis Al Quran.

“Nah, dengan muatan tersebut kami berharap peserta dapat menyelesaikan seluruh soal dengan baik, sehingga kuota penerimaan mahasiswa yang diberikan oleh pusat sebanyak 1.100 bisa terpenuhi,” ujarnya.

IAIN Palu, ujar Abidin Djafar juga menyiapkan sarana pencegahan COVID-19 secara ketat, mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, sarana cuci tangan, masker dan pengatur tempat duduk berjarak.

Pelaksanaan seleksi mahasiswa baru jalur UMPTKIN terbagi dalam tiga sesi per hari

Sumber : Humas IAIN Palu